Hubungan Latensi dan Penggunaan CDN

Latensi jaringan




Latensi jaringan merupakan sebuah delay atau jeda waktu dalam transfer data dari pengirim ke penerima. Latensi terjadi yang mengakibatkan waktu pemrosesan data sedikit terhambat dan bahkan jeda waktu yang ada begitu terasa lama.

Pada proses transfer data latensi yang tinggi tidak terlalu baik sebab akan membuat kegagalan pengiriman. Serta semakin rendah latensi dianggap sebagai keadaan yang baik.
Latensi jaringan sebenarnya merupakan hal yang wajar karena pada dasarnya data yang dikirm dalam proses transfer memiliki pengubahan-pengubahah seperti pemecahan data besar menjadi paket-paket kecil yang disalurkan secara acak menuju alamat penerima serta jarak antar server dan client yang memiliki pengaruh yang signifikan.

Pada layanan virtualisasi atau cloud computing, latensi jaringan adalah hal yang tidak dapat dihindarkan tetapi dapat diatasi. Pada pemilihan layanan cloud pengguna dituntut untuk membuat aplikasi / halaman web cepat diakses sehingga mau tidak mau harus ada solusi untuk hal ini.
Pada microsoft azure salah satu vendor penyedia layanan cloud computing menawarkan solusi pengurangan latensi jaringan untuk pengguna dengan menggunakan CDN azure. Hubungan latensi jaringan dan Layanan CDN yaitu pada keunggulan CDN yang dapat mengimprove kemampuan transfer data.

CDN pada microsoft azure diklaim dapat mengakselerasikan transfer data serta otomatis mengurangi latens jarningan. pembangunan aplikasi secara global dan percepatan akses selain itu  Layanan CDN pada microosft azure juga ditawarkandengan metode pay per use, serta kelas pengguna yaitu basic hingga advance.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh sebastian-julian. Diberdayakan oleh Blogger.